Contact Me

Sunday 27 September 2015

Suara Yang Membara : BARASUARA


Alright, I know, harusnya gue nulis skripsi gue, bukan malah ngeblog. Yah, seandainya nyekrip semudah mumbling di blog.

Ugh. Well. We're not talking about that shit.

I'm just gonna share my thought about my new favorite band. It's BARASUARA and I bet you'll (also) in love with this freakin awesome band! :D
 
 

Pertama tau ini band dari temen kuliah sekaligus temen SMA gue dulu, Dita namanya. Ya, dalam beberapa hal selera kita hampir sama, termasuk soal selera 'kegantengan suatu(?) cowo'. Lol.

Awalnya dia nyuruh gue nge-search cowo manis nan ganteng yang bernama Iga Massardi. Dia salah satu personil band indie yang namanya The Trees And The Wild, tapi keluar terus punya band baru (indie juga) namanya BARASUARA. Dan ya, pas Dita nunjukin potonya maz Iga waktu dia masih di TTATW, sontak gue langsung hectic menjeritkan : "Aaaaahh cute bingits!".

TAPI, ketika dia nunjukin mas Iga yang sekarang, dengan sombongnya gua bilang : "Ah, itu mah emang selera elu banget dit, mukanya cowo banget. Lebih suka Iga versi cute berponi dengan senyum berlesung pipit dipipinya".

Sampe pada akhirnya Dita ngajak gue buat nonton performance BARASUARA di suatu acara di salah satu kampus negeri di Depok, sebut saja UI. Dan........ yang terjadi adalah.......... ketampanan mas Iga begitu memancar hingga ngebuat gue lemas terkulai gak kuat ngeliat kegantengannya -- oke ini lebay tapi ini beneran.

Duh, salah fokus, mba.

Oh iya, balik lagi ke BARASUARA-nya.

Personil Barasuara : Marco, Icil, Gerald, Iga, Tije, Puti

Disini gue bener-bener berasa dihipnotis sama mereka -- selain terhipnotis sama kegantengannya mas Iga sih.
Saat itu gue masih gak ngerti lagu-lagu mereka. Belom pernah denger sama sekali. Tapi alunan musik yang asik serta lirik yang menggelitik, ya menggelitik, ngebuat gue mencoba nyebur, eh, terhanyut didalamnya.
Ko liriknya menggelitik? Emang lucu? Ya. Lucu banget, bagi gue. Karna mereka menggunakan bahasa Indonesia yang menurut gue baku banget dan bahkan ada beberapa bahasa yang gue gak tau itu apa artinya sampe gue harus nyari di KBBI online -- ini beneran. Penyusunan katanya pun bikin gue harus muter otak "ini tuh maksudnya apa!?". And you know what? Semua lirik lagu mereka yang nulis adalah si charming mas Iga Massardi. Makin meleleh lah gue.

Coba aja liat liriknya di blognya mas Iga nih. Hebat kalo bisa langsung ngerti maknanya.

Kembali ke performance mereka. Cukup satu kata. ASIK.
Sumpah, asik banget. Ya, asik. Masing-masing personilnya tuh, gilaaaaak, kayak kerasukan sama lagu-lagunya mereka gitu. Hanjrit, band terpecah yang pernah gue tonton langsung so far lah pokonya.

Dari permainan drumnya yang gilak enerjik abis. Mas Marco yang sumpah gak nyante banget nabuhnya. Aduh, beatnya. Aduh, asik lah pokonya. Dan gue gak heran kenapa BARASUARA punya drummer gila macem mas Marco. Coba baca artikel yang ditulis mas Iga di link blognya mas Iga yang ini.

Terus permainan gitarnya mas Tije plus mas Iga yang manjain kuping banget. Asik, unik, parah. Dan gayanya mas Iga yang udah kayak orang kerasukan parah kalo pas maenin anunya, eh gitarnya maksudnya. Bikin ter-anjrithanjrit lah pokonya.

Alunan bass-nya mas Gerald yang harmonis abis sama tabuhannya mas Marco, aduh, bikin pengen goyang banget. Goyang dari pala ampe kaki, goyang dribble duo srigala ampe kalah.

Dan tentu aja didukung dengan dua suara indah nan harmonis dari mba Puti dan mba Icil. Mereka adalah dua vokalis yang bener-bener jadi pelengkap sempurna buat band ini. Ya, vokalis. Mereka vokalis, BUKAN backing vokal. Lho? Kan yang vokalis mas Iga bukannya? Ya. Mas Iga emang frontman BARASUARA, tapi bagi gue mba Puti dan mba Icil tetep vokalis -- dan YA, mereka MEMANG vokalis, it's official. Mereka berperan penting di band ini. Kenapa? Karna (menurut gue) suara mas Iga itu sebenernya gak bagus-bagus banget. Datar, rendah, walaupun masih seksi, tapi belum cukup tanpa adanya topangan suara dari dua dara cantik yang masing-masing punya karakteristik yang unik.


Mereka, almost PERFECT. Gak percaya? Coba tonton ini.




Untuk lagu-lagunya, berasa lagi dengerin gado-gado. Rasanya tuh kayak diajak jalan-jalan gitu. Dari beat-nya yang faster ampe mendayu-dayu kayak orang melayu. Duh, asik lah.
Kalo gue suka banget sama Sendu Melagu dan Bahas Bahasa. Liriknya bagus. Dan musiknya asik banget, bikin goyang. Pokonya gue suka yang bikin goyang-goyang lah :3

Awalnya kurang suka sama Tarintih, karna nadanya kayak lagu bajak laut gitu, hahaha. Tapi musiknya masih tetep asik.

Terus, gue juga suka Mengunci Ingatan, liriknya gue banget, HAHAH. Uniknya buat kuping gue, di-ending-nya itu mirip kayak lagunya Vocaloid yang Dark Woods Circus. Coba dengerin deh.



Terus bandingin sama yang ini.



Agak mirip kan?

Yaa.. gapapa sih, gue malah seneng, kebetulan gue juga suka Vocaloid. Atau jangan-jangan mas Iga beneran suka Vocaloid? HAHAHA. Makin cinta lah gueee~ And guess what? Ternyata salah satu influence-nya mas Iga dalam bermain gitar adalah Ken, ya, Ken gitarisnya Enciel, hanjrit. I love you full lah mas Iga. Kalo belum beristri pasti gue bakal bilang, nikahi aku maz.


Duh, udah lah. Gak kuat. /KENAPAHOY!?

Hahaha.

Intinya hampir semua lagunya gue suka, dan sampe saat gue nulis ini pun lagu-lagu mereka masih jadi favourite playlist di ipod gue. Bukan cuma musiknya yang asik, liriknya pun unik. Kalo diperhatiin, almost lirik-lirik lagu mereka ini gak pake kata 'aku', tapi 'kamu', 'kau', 'mereka', dan/atau 'kita'. Hal ini tuh menunjukkan kalo lagu-lagu mereka itu kayak semacam 'lagi ngasih tau elu (sebagai si pendengar)' bukan 'nyeritain kisahnya si penyanyi'. Liriknya tuh seolah menjadikan kita sebagai si pelaku utama yang lagi dinasehatin/dikasih tau sama temennya. Itu yang ngebuat gue beranggapan kalo mereka unik. Dan pokonya gue bertekad buat punya album fisiknya! I LOVE YOU MAS IGA, eh, BARASUARA!

Pokonya dengerin dan tonton sendiri lah.

And anyway, mereka penampilannya juga unik loh, masing-masing bikin ciri khas sendiri.
Coba liat mas Marco selalu pake hoodie yang tulisannya HOPE.
Terus mas Gerald selalu pake sweater merah yang tulisannya LIAR.
Mas Iga yang selalu pake batik, bikin makin terlihat menawan.
Mas Tije yang selalu terlihat rapih dan kalem, pake kemeja.
Duo dara cantik yang selalu tampil unik dan menarik di panggung.
Seru ya :)

Lebih seru lagi kalo kamu nonton ini, mereka asik :3



DAN, kalo udah mulai nge-browsing browsing tentang mereka. JANGAN LEWATKAN KOLABORASI PECAH SATU INI!!!!




Udah cukup gitu aja kayaknya, kalo mau lebih tau tentang BARASUARA bisa cek site atau akun media sosial mereka. Mereka punya twitter, youtube channel, instagram, fan page facebook juga ada. Googling aja BARASUARA pasti ketemu :)

Salut deh sama band satu ini, semoga sukses ya BARASUARA... I love you mas Iga :* eh. HAHAHA.


Data sources : blognya mas Iga, akun media sosialnya BARASUARA, pengalaman pribadi dan opini
Video sources : Sounds From The Corner youtube channel, BARASUARA youtube channel
Picture sources : googling (logo: Barasuara's twitter, personil photo: Barasuara's wordpress)


No comments:

Post a Comment