Contact Me

Sunday 9 March 2014

Daryl Dixon, Karakter Pendukung atau Karakter Utama?

Kamu pecinta The Walking Dead TV series? Pasti tau dong karakter Daryl Dixon? Iya, yang good looking enough itu, yang hairstyle nya paling lumayan gitu, yang senjata andalannya crossbow gitu, yang tampangnya kayak rambo banget gitu, kayak strong banget gitu, tapi hatinya so sweet banget gituuu~ hehe :3

Yak. Karakter Daryl tuh sama kayak Jack Sparrow. Yang seharusnya mereka cuman karakter pendukung eh somehow penonton malah suka sehingga ngebikin mereka jadi karakter utama. Fyi, awalnya si pembuat Pirates of The Caribbean, termasuk pihak Disney, mau ngangkat kisah cintanya Elizabeth & William doang loh. Dan berpikir kalo itu yang bakal bikin film ini booming. Tapi nyatanya? Jack Sparrow lah yang jadi pusat perhatian disini, yang akhirnya pada sekuel ke 4 dan ke 5 (masih produksi) yang muncul cuman Jack Sparrow.


Johnny Depp as Jack Sparrow
Gak jauh beda sama Daryl Dixon. Fyi lagi, Daryl doesn't even exist in the real story of The Walking Dead's comic book. Buat yang cuman ngikutin serial TV nya pasti gak percaya. Sama, awalnya gue juga gitu. Kenapa? Karna yang kita tau Daryl berperan penting di dalam cerita itu. He's strong, he's needed. I can't even imagine how's the Rick's group will survive without Daryl. Kalo menurut gue, si pihak pembuat awalnya pasti gak nyangka Daryl bakal punya banyak fans. Makanya dia terus pertahanin Daryl. Yaiyalah, biar rating nya bagus, kan dia jadi banyak duitnya, haha. Kenapa gue berpikiran kayak gitu? Soalnya si penulis ceritanya sendiri (orang yang sama yang bikin komiknya) bilang dia juga gak tau kenapa Daryl tetep dipertahanin. Padahal para fans yang ngikutin komiknya khawatir karakter Daryl bakal ngerusak alur cerita asli dari komik The Walking Dead itu sendiri. Dan si penulis tau hal itu, tapi dia berpikir bahwa disitulah hal menariknya.

Norman Reedus as Daryl Dixon.
 Well.. kinda interesting, isn't it? Hahaha. Yaa, dua karakter itu emang unik banget. Gak tau karna memang sifat asli karakternya yg unik atau karna keunikan si pembawa karakter tersebut? Yaa, seperti yang kita tau, yang meranin Jack Sparrow adalah aktor kondang Johnny Depp yang emang udah terkenal gilanya. Ya gak diragukan lagi lah kalo dia bisa ngangkat si Jack Sparrow ini. Tapi kalo Daryl Dixon, gue gak tau deh. Gue sendiri gak kenal sama sekali sama yang meranin Daryl Dixon ini, si Norman Reedus. Gue cek di IMDb film-filmnya dia gak ada yang gue kenal gitu, dan perannya juga kayaknya gak ada yang peran utama. Ini gak tau guenya yang pengetahuan filmnya kurang, atau gimana, tapi emang cuman satu film yang gue kenal di track record filmography nya si Norman Reedus ini.
Terlepas dari ke-gak-kenal-an gue terhadap si Norman Reedus ini, yang pasti dia keren banget udah bikin gue (dan fans yang lain) jatuh cinta sama karakter Daryl Dixon. He did a great job. He makes me can't stop thinking about Daryl. And also, can't stop watching The Walking Dead. Gue baru sampe season 3, huhuhu T,T

Yaudah segitu aja. Abisan bingung mau cerita ke siapa, dimana, akhirnya ditaro di blog aja deh hehe. Twitter gak cukup, facebook kepanjangan entar diomelin orang, kalo path apalagi, hahaha.

Well, semoga berguna buat yang baca, yaa bisa dibilang ini informasi lah, hahaha.
See you on another post, fellas!


Data source : asumsi dan baca-baca artikel/interview tentang hal tsb.
Images source : IMDb, Google

Updates 1/4/2014 (spoilers alert)
Update kali ini bertepatan dengan episode finale dari The Walking Dead TV series season 4. Kenapa ini dijadiin update-an bukan postingan baru? Karena, ini masih berkaitan, bahkan bisa dibilang bisa memperkuat pernyataan mengenai "Daryl Dixon adalah pemeran pendukung yang berhasil memikat hati penonton sehingga membuat karakter ini jadi salah satu pemeran utama".
First of all, gue mau bilang, pihak yang bertanggung jawab atas TWD ini (mulai dari producer, director, ampe writer-nya sendiri), emang amat sangat memanjakan penontonnya! GAH. Buat yang udah nonton season finale ini pasti ngerasa seneng banget, karena episode penutupan season 4 ini emang bikin penonton lega banget. Semua hal yang diminta penonton, yang diharapin sama penonton, disajiin dengan baik sama si serial TWD ini. Penonton bisa tidur dengan tenang tanpa khawatir atas kegantungan dari episode-episode sebelumnya, semuanya clear, kecuali satu, Beth. Tapi itu gak jadi masalah, kenapa? Soalnya belom ada yang peduli sama Beth. Kenapa gue pake kata 'belom'? Karena moment Daryl sama Beth dan peristiwa penculikan Beth adalah salah satu trick yang dibuat sama pihak TWD buat bikin penonton jadi 'ngeh' sama Beth.
Oke, ini bukan soal Beth, yang kemungkinan bakal jadi pemeran utama juga, tapi ini masih tentang Daryl. Ini FIX banget Daryl adalah salah satu pemeran utama yang FIX di serial TWD, walaupun kenyataannya, dia bahkan gak ada di dalam komik. Kebetulan gue udah baca komiknya, untuk saat ini sih baru ampe (semacam) volume 110, dan itu BEDA BANGET sama cerita di serial TV-nya, ain't that different, ..but different enough, ...pretty enough, exactly. Well, ya pokonya beda deh, tapi kita masih bisa liat beberapa adegan tak terlupakan dari komik yang ditayangin ke serial TWD. Contohnya kayak, Rick ngamputasi kaki orang, kalo di serial TV TWD kan yang dibuntungin ama Rick kakinya pake kapak kan si Hershel ya, nah kalo di komik tuh bukan Hershel, tapi Allen, dan dia gak selamet kayak Hershel, dia mati. Jadi tuh kalo gue liat yah, si serial TWD ini emang cuman 'ngadaptasi' aja, cuman ngambil inti ceritanya aja, terus dia kembangin sendiri berlandaskan inti dari cerita original si komik TWD. Makanya, mulai sekarang, buat yang cuman suka komiknya atau yang cuma suka serialnya TWD, gak usah deh nge-compare-in mereka lagi. Mereka itu dasarnya sama, tapi cara jalaninnya beda. Accept that!
Hal ini dibuktikan dengan dijadikannya Daryl sebagai pemeran utama. Kembali ke topik yang sebenarnya, keutamaan si tokoh Daryl ini diperkuat dengan Daryl yang terus aja survive dan pernyataan Rick yang bener-bener mencengangkan di season finale ini. Rick said that Daryl is his brother now. They're brothers, bro! Itu tandanya apa? Daryl bakal terus mucul di serial TWD nemenin Rick, karena mereka BROTHERS! Ya walaupun masih ada kemungkinan Daryl mati juga, tapi kayaknya selain penonton, si pihak pembuat serial TWD ini juga pasti gak bakal rela ngelepas Daryl yang emang eye-catching dan adorable banget ini. Jadi, buat fans-nya Daryl Dixon out there, kalian bisa napas lega dulu lah, sejauh ini kemungkinan Daryl dieksekusi itu masih kecil banget soalnya. Met yaw~ :3 (met yaw buat aku juga soalnya aku fansnya Daryl :3)
Masih butuh penguatan dia karakter pendukung yang jadi karakter utama? Kalo kamu perhatiin, di season 1, nama Norman Reedus belom ada. Terus sejak season 2 dia mulai ada, dan makin kesini, namanya makin jelas, bahkan sudah diidentikkan dengan sesuatu, yaitu arrow dari crossbow-nya Daryl Dixon. 
Well, unik yah. Selain si Jack Sparrow, baru kali ini gue ngeliat sebegitu besarnya pengaruh karakter pendukung sehingga ngebuat dia naek pangkat jadi karakter utama, yang bikin tambah unik, dia itu karakter yang bener-bener gak ada dicerita aslinya, cerita dikomiknya.
Ngomongin soal karakter yang dihilangin atau bahkan penambahan karakter dari suatu transformasi (komik/novel/game->film/anime/serialTV/liveaction/etc.), menurut gue itu udah hal yang biasa ya. Kalo boleh cerita, kita contohkan komik Death Note. Di anime Death Note, ada karakter tambahan yang namanya Matt (rambutnya merah, pake kacamata, baju garis-garis) , dia itu kayak temen-nya Mello gitu, gue lupa dia cukup berperan atau engga, tapi kayaknya dia kayak yang semacam yang nyelametin si Mello gitu deh. Tapi terus apa? Ada gitu yang notice dia? Ada sih, tapi gue yakin cuman beberapa, salah satunya gue. Gue tau ada Matt tapi gue gak 'ngeh' dia berperan penting apa engga sehingga membuat gue lupa sama kemunculan Matt ini tepatnya dimana di animenya Death Note ini. Terus gimana dengan L yang pemeran utama tapi ko mati duluan? Kok dia tetep jadi idola? Bahkan di film Live Actionnya, Near dan Mello engga ada, cuman ada L, tapi filmnya masih tetep terbilang sukses. Nahloh kan? Muncul dua asumsi lagi, sama pula dengan kasus Mr Depp sam Mr Reedus ini, apa yang membuat si karakter tetap bertahan disukain banyak orang? Aktornya, Ken'ichi Matsuyama, ya sama deh, udah gak diragukan lagi. Atau karena karakternya si L itu sendiri? Emang unik banget sih karakter satu itu, adoble banget gitu juga, hahaha.
Jadi, kesimpulannya apa? Kalo menurut gue, pembentukan karakter yang kuat plus dukungan dari si aktor itu sendiri lah yang ngebuat hal macem gini terjadi. Keduanya gak bisa dipisahkan, baik aktor (berupa aktor peran/pengisi suara) maupun si karakter yang diperanin. Duh, pengkarakteran dan pembawaan peran ini emang menarik banget buat saya. Soalnya saya sendiri gak bisa ngelakuin itu, hahaha. Jadi kagum banget dan salut banget deh, buat para aktor yang berhasil meranin perannya sehingga bisa memikat hati para penonton. Kece banget deh, salut. :)

Btw, ini link buat yang mau baca komik The Walking Dead online : The Walking Dead online comic.
Selamat membaca dan ber-'hoo, ya ampun jauh beda banget sama serialnya'-ria-an ya :p

2 comments:

  1. Hahahaha
    Ternyata sama,banyak kok tokoh" yang di komik sudah mati tapi di TV series nggak.
    Salam pecinta walking dead hehe

    ReplyDelete
  2. one does not simply.. ngikutin TWD the series tanpa ngefans sama Daryl :D

    ReplyDelete