Contact Me

Friday 17 January 2014

Apple. Sulit Dipahami, Menarik Untuk Dipelajari.

Disini gue bukan mau kasih tau tutorial jailbreak atau apapun lah. Kalian bisa cari itu dimana aja, gue saranin sih yang bentuknya video aja langsung, kayak cari di youtube gitu, lebih aman. HAHAHA.

Yak, Apple. Siapa sih yang gak tau ini brand? Produk garapan Steve Jobs ini emang paling-paling deh. Bukan dari mahalnya atau kerennya yah, tapi karna emang isinya yang yaaa... bisa dibilang kece enough lah. Dia itu eksklusif, OS nya aja beda sendiri, iOS. Gak banyak orang yang ngerti tentang OS satu ini. Karna dia ekslusif jadi sok eksklusif gitu, susah bingit di hack-nya. Sistem nge-hack buat yang satu ini disebutnya jailbreak. Jailbreak ada dua jenisnya, tethered sama untethered. Bedanya, kalo tethered itu cuman semi jailbreak, jadi tuh kalo elu abis nge-jailbreak terus iDevice (maksudnya iPhone, iPod, iPad) lu mati, yaudah deh jailbreak-nya ilang. Nah kalo untethered itu kebalikannya, dia full jailbreak, gak bakal ilang kecuali dengan sengaja diilangin. Ya seperti yang tadi udah dibilang, jailbreak itu fungsinya buat nge-hack. As you know lah ya, di Appstore itu JARANG ada aplikasi yang gratis. Nah kalo elu nge-jailbreak iDevice lu, kemungkinan buat download aplikasi-aplikasi keren (yang seharusnya berbayar) bisa elu download dengan gratis..tis..tis..tiiisss.. Gimana caranya? Gue juga belom tau. HA HA HA. Masalahnya bro, makin kesini (saat gue nulis udah taun 2014) si pihak Apple nge-upgrade firmware(iOS)-nya terus bro supaya gak bisa di-hack. Para hacker-nya aja lumayan kuwalahan nge-upgrade kemampuan jailbreak-nya mereka. Hackernya tuh kayak Evasi0n, Redsn0w, gitu-gitu dah. Yang pasti ketika gue uda berhasil nge-jailbreak iDevice gue (iPod Touch 4t Gen), ternyata ada hal-hal yang udah gak bisa digunain lagi akibat peng-upgrade-an si Apple. Contohnya, seharusnya setelah gue jailbreak (atau biasanya istilahnya yang udah dijailbreak itu jailbroken), gue bisa download tweak install0us yang kayak semacam Appstore hack-an gitu yang disitu kita bisa download yang gak gratis jadi gratis bro. TAPI, ya itu, dia udah shut down. Tapi ada penggantinya sih bro namanya vShare, bisa cari dah tu tutorial downloadnya di web lain. Gue sendiri belom nyoba sih download itu tweak, kayaknya masih ada yang miss deh makanya gue gak bisa-bisa. Yaa, terlepas dari ke-gak-berhasilan gue, setidaknya saya bisa kasih tau info dikit-dikit lah siapa tau mbakbro dan masbro ada yang lagi nyari tau.
Sampe saat ini gue masih mencari-cari, bagaimana sih caranya meng-optimalkan iDevice gue. mungkin suatu saat, ketika gue udah jadi expert dalam hal menjamahi si Apple, gue bakal coba share di blog ini tutorialnya. Biar blognya rame juga, sediii bingit ini blog yang baca cuman gue doang :'(
Lagi juga buat bagi-bagi ilmu, biar yang yang punya produk Apple di luar sana gak bego-bego amat. Karna sekarang ini, masa dimana para remaja labil yang ngaku gahol dan ngerasa bangga masi make putik-abuabu bahkan putih-merah udah pake iPhone, gue yakin gak semua dari mereka TAU cara ngotak-ngatik iDevice-nya. Heran emang sama orang Indonesia yang menganggap (tarolah) iPhone dsb itu sebagai prestige :/
Jangan bego-bego amat kalo mau make barang-barang pinter. Orang yang gak punya barangnya tapi ngerti itu lebih bermartabat dibanding punya tapi gak ngerti cara ngoptimalin barangnya atau bahkan gak tau cara make barangnya. (barusan quote ngaco, jangan ditiru, HAHA)
Ya tapi elu bayangin aja, masa masukin lagu ke iPod aja gak tau? Terus kenapa beli? Gaya-gayaan? Dih. Emang sih ada istilah learning by doing. Tapi ye kan bisa kali baca instruksi yang ada dibungkusnya pas beli, atau ke Apple help nya, atau ngga tanya ke mbah google deh. Kalo gak mau tau dan pasrah cuman buat gaya atau aksesoris doang, elaaaahhh~~~ mending buat gua sini dah. Hahaha. Pelajari lah, Apple menarik kali buat dipelajarin, susah soalnya dia, dan karna dia barang yang bisa dibilang cukup mahal, jadi nambah tantangan buat nge-beraniin ngotak-ngatik itu barang. Jujur, adrenalin gue terpacu pas nge-jailbreak iPod gue men, mana sempet mati gitu, aduh pokonya seru deh. Coba aja sendiri. Hihihi :p

Ini gua kasih link-link yang mungkin berguna, soalnya saya suka buka-buka disini buat tutorial, bagus juga buat pemula ko :
http://maypalo.com/
http://www.makemac.com/
http://www.youtube.com/user/DinoZambas2

Atau mau tanya-tanya gue langsung juga boleh, yaa walaupun masih pemula juga, eh tapi ya justru karna masi sama-sama pemula kan jadi bisa saling memahami dan memaklumi, HA HA HA :p

Udah segitu aja, see ya on another post!


Data sources : Personal experiences




Update 27/3/2014 :
Sekarang gue udah bisa download aplikasi berbayar jadi gratis dong~ lewat AppCake :D
Gue kasih tau cara install AppCake di iDevice, tapi khusus buat yang iDevicenya Jailbroken ya (udah di jailbreak dan punya Cydia).
Caranya :
- Go to Cydia
- tap 'Manage'
- terus pilih 'Sources'
- terus tap 'edit' -> 'add'
- masukin URL nya, yaitu http://cydia.iphonecake.com/ (notes: dot-com (.com) nya diketik manual ya, jangan pake shortcut)
- abis itu tap 'add sources' nanti dia bakal ngeloading gitu
- setelah selesai nge-loading, back to Cydia, terus cek lagi di 'manage' -> 'sources' udah ada URL nya 'iPhoneCake' (lambangnya bintang biru gitu) apa belom
- kalo udah, tap 'iPhoneCake' nya
- kalo elu udah punya AppSync, tinggal pilih 'AppCake' aja terus install, tapi kalo belom, elu harus install AppSync dulu, disitu ada AppSync for iOS 4 sampe 7 (sesuain sama iDevice elu), abis itu tap 'install' dipojok kanan atas, baru deh install AppCake.
- Setelah di install, di Homescreen bakal muncul icon AppCake, tinggal buka, cari aplikasi berbayar yang kamu pengenin (kalo ada sih, hehe), terus download deh.
Selamat mencoba :)

*lupa source-nya darimana, kalo gak salah sih video youtube, tapi lupa apa link-nya -,-



No comments:

Post a Comment