Contact Me

Wednesday 3 December 2014

Hello There, KeMANGTEER Jakarta!

Do you know what is KeMANGTEER Jakarta? Nope? Well I'll tell you. It's kind of Mangrove saviour community in Jakarta, Indonesia. KeMANGTEER stands for KeSEMAT Mangrove Volunteer. Yes, we are saving mangrove. Do you know why? Because saving mangrove means save the earth, saving earth means save the life.
Logo KeMANGTEER Jakarta

Pertama tau KeMANGTEER ini dari postingan instagram junior gue yang nongol di newsfeed facebook gue. Awalnya cuman 'ooh', terus yaudah. Lama-lama, ketika gue berada dalam fase 'mahasiswa nganggur yang tinggal skripsian doang', muncul lah keinginan gue untuk berorganisasi lagi, so I decided to join KeMANGTEER Jakarta.
Selain buat ngobatin rasa rindu gue terhadap dunia organisasi, gue juga pingin ngerasain terjun langsung ke dalam kegiatan 'save the earth'. Like I said before, save mangrove will save the earth too.
The people are kind, and... very welcome. Umm.. not everyone actually, but, most of them. But I (still) feel comfortable so far. And I already got some nice friends anyway.
My first mangroving with KeMANGTEER Jakarta was at Pari Island, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. The trip was fun enough. Walaupun ada beberapa hal yang sedikit mengecewakan, tapi tak apalah. Semua terbayar ketika ngeliat mangrove's babies yang kita tanam bareng di Pantai Pasir Perawan :')
Setelah kegiatan mangroving di Pari, sebenernya ada mangroving lagi di Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara. Gue pengen banget ikut, tapi sayangnya waktu itu lagi sibuk banget sama magang. Padahal itu tempatnya keren banget loh, percaya gak masih ada hutan di Jakarta? Ya SMMA inilah salah satunya. Kenapa gue bisa tau? Karna dulu waktu SMA, gue pernah kesana, bareng Imad sama Deel juga. Kita nginep 2 hari 1 malem kalo gak salah. Kita disana semacam bantu konservasi hewan gitu, waktu itu sih kita menyusuri SMMA sampe ujung, sampe ketemu monyet-monyet banyak banget, sambil mantau jenis burung apa aja yang hinggap di wilayah tersebut. Serius hutannya masih asri banget waktu gue kesana. Semoga next time bisa kesana lagi :')
Sempet ngilang hampir dua bulan gegara magang waktu itu. Makanya pas magang kelar, dan KeMANGTEER Jakarta ngadain acara monitoring di Ekowisata Mangrove PIK, gue langsung bela-belain ikut dengan modal nekat bawa motor sendiri ke daerah yang sumpah asing banget buat gue. Dan alhasil, bener aja kan gue nyasar. HAHAHA! Gue salah tempat, gue malah ke Taman Wisata Alam (deket Yayasan Budha Tzu Chi) yang tiket masuknya mahal banget hanjir 30rebu! Fyi yah, Ekowisata Mangrove sama Taman Wisata Alam itu dua tempat berbeda walaupun sama-sama di wilayah Pantai Indah  Kapuk dan sama-sama menyajikan keindahan mangrove. Kalo Taman Wisata Alam itu emang buat komersial banget, walaupun gue gak sempet masuk karna gue langsung cabut ke Ekowisata, gue udah sempet googling mengenai tempat itu. Cocok buat jalan-jalan bareng keluarga atau temen atau pacar. Tiket masuknya 25rb dan parkirnya 5rb buat motor. Kalo Ekowisata Mangrove katanya sih gratis, cuman bayar parkir cukup 3rb aja. Disini bebas foto-foto, cuman emang gak sebagus TWA sih spotnya, kalo di TWA ketauan bawa kamera bisa didenda katanya. Dan fyi lagi, kalo kita mau nanem di TWA biayanya 150rb, men! Kalo di Ekowisata cukup 15rb aja kata kaka dari KeMANGTEER Jakarta mah.
Balik lagi ke nasip gue, pas ketemu anak-anak habislah gua dicengin karna salah masuk dan bayar 30rebu, hahaha. Mana itu duit boleh minjem dari nyokap, buat bayar makrab padahal, hahaha. Tapi yasuda lah tak apa, hahaha.
And talking about makrab, tanggal 29-30 November kemarin emang KeMANGTEER Jakarta ngadain acara Makrab di Puncak, Cisarua, Bogor. Nih yang mau baca reporteer nya 'Makrab Pecah Ala KeMANGTEER Jakarta', gausah diceritain disini, sama aja gua juga yang buat artikelnya itu, haha.

Tapi emang seru sih. Jadi tau karakter orang-orangnya. And now I know how to face it, cause I gotta through this, I'm official part of KeMANGTEER Jakarta now. I hope I'll have a new family from there. Dan semoga bisa dapet pengalaman berharga plus bisa bantu gue dalam ngejar cita-cita gue. Hehe.

Well, hello there my new Teer friends. Thanks for welcoming me, glad to know you guys :)

Cheers!

Photo source : Private collections

No comments:

Post a Comment