Contact Me

Saturday 28 June 2014

Apple. Sudah Rusak, Baru Dipelajari.

Emang bener ya statement "penyesalan datangnya belakangan". Ini yang terjadi sama iPod gue, gah :/
Makanya, jangan males atau takut buat ngotak-ngatik device kalian deh. Unless, kalo emang kalian tipe orang yang 'masa bodo sama barang, yang penting gue punya, gue keren, dan kalopun rusak tinggal minta bokap buat beliin yang baru'. Kalo itu sih ya terserah, mau diapain juga device-nya, hahaha.
Jadi, ceritanya iPod gue rusak, Home button-nya gak responsive gitu, gak tau penyebabnya apa, kayaknya sih gara-gara air tapi pas di cek indikator airnya engga kenapa-kenapa. Ya entah lah. Tapi, problemnya bukan di'rusak'nya, karna hal itu udah jadi hal yang biasa. Problemnya adalah.. iPod gue jailbrokeeeeennnnn~~~ :v :v :v /gelundungan



Waktu awal punya iPod, emang gue pengen banget nge-jailbreak itu iPod supaya bisa download whatsapp, karena saat itu gue desperate banget karena Samsung gue rusak dan gue capek onlen whatsapp pake leptop. Seneng sih akhirnya bisa nge-jailbreak, dan keuntungannya juga lumayan, jadi bisa nikmatin aplikasi-aplikasi berbayar, meskipun cuman beberapa karena mostly engga compatible sama device gue :/
Pas mutusin untuk jailbreak emang gak mikir ke hal-hal terburuk yang bakal terjadi kedepannya. Dan, ternyata bener, udah sisa 9 hari waktu garansinya habis, eeeehh.. Home button gue malah rusak dan iPod gue dalam keadaan jailbroken. -___-
Makanya, kalo mau di-jailbreak, lebih baik tunggu masa garansinya habis. Apple care kasih 1 year warranty untuk setiap device-nya, but.. AASP gak bakalan nerima kalo device kita dalam keadaan jailbroken. So, kalo device-nya udah terlanjur di-jailbreak dan rusak, kita musti unjailbreak itu device. Tutorial unjailbreak udah banyak, cari aja di Youtube. Semua bakal lancar, dengan syarat Home button sama Power button-nya gak bermasalah. Lah terus kalo bermasalah gimana? Ya wassalam, karna Home dan Power button punya peranan penting dalam unjailbreaking, terutama untuk iPhone dan iPod touch. Sebenernya ada beberapa site, termasuk jailbreakqa.com, bilang kalo kita bisa unjailbreak dengan cara restore atau update iOS-nya. Kenyataannya device yang jailbroken gak akan diizinkan untuk restore dan update semudah itu, pasti bakal error terus. Don't worry, saya bakal share gimana cara supaya diizinin buat update biar device-nya bisa di-unjailbreak.
Caranya :
- Update iTunes versi terbaru di PC atau laptop atau Mac (ATAU disarankan gunakan PC/laptop lain aja, supaya track record device kamu ke baca as a new device, tapi kalo belum ada iTunesnya ya download dan install dulu lah)
- Plug in your device with usb-cable nya
- Klik icon device-nya kalo udah muncul, terus disitu akan muncul semacam informasi dari device kamu
- Restore/update ini akan menghapus semua data yang ada di device kamu, so.. jangan lupa di-backup dulu, scroll aja ke bawah, ada pilihan backup, kalo gue waktu itu pilih 'Backup to my computer'. Bagusnya lagi kalo download aplikasi yang emang buat backup, cari aja, banyak ko.
- Setelah di-backup, klik restore atau update yang ada di sebelah informasi tentang device kamu di iTunes tadi. Kalo saya sarankan sih, kalo memang tujuan di-unjailbreak untuk dibawa ke tempat servis, pilih 'update' aja, supaya jailbreaknya ilang bersih. Karna, fyi aja ya, AASP punya bagian yang namanya Genius Bar yang bisa ngidentifikasi device kamu jailbroken apa engga, jadi musti bersih banget unjailbreak-nya supaya gak ketahuan.
- Sehabis itu, tinggal tunggu aja. Update/restore butuh waktu yang lama banget, jadi bisa nyambi ngerjain yang laen atau tingga tidur aja. TAPI usahakan KONEKSI INTERNET-nya LANCAR ya, PC/laptop juga harus stabil, jangan biarkan dia mati, kalo bisa jangan ampe dia posisi stanby (buat jaga-jaga aja sih).
- After restore/update, nanti device-nya nyala dan muncul gambar dia minta connect ke iTunes, diemin aja sebentar nanti bakal ngeloading sendiri, entar juga ada bagian logo apple yang dibawahnya ada bar loading lagi kayak semacan nginstal gitu. Diemin aja, gausa dipencet apa-apa, sama sambil berdoa aja semoga gak nge-crash, hahaha. (ps: saya lupa fasenya mana yang duluan, kalo ternyata terbalik ya maklumin aja ya).
- Habis itu, nanti dia minta backupan-nya mau di-restore atau engga. Kalo gue pilih engga, karna takut ecek-ecek dari Cydia ikutan ke restore, tapi terserah kepentingan masing-masing sih. Pilihannya backupan yang 'today' ya, atau engga yang tanggalnya paling terbaru lah. Lamanya restore tergantung data yang kamu milikin dulu.
- And voila! Device kamu jadi kayak baru lagi. Jailbreaknya ilang, lagu-lagu ilang, foto/video ilang, aplikasi ilang, kayak baru lagi dah :')
Yak, begitu lah, seperti kata pepatah, gelas yang penuh harus dikosongkan terlebih dahulu supaya bisa diisi dengan minuman yang baru, yang lebih enak pastinya :') /apalah
Saya juga mau ngasih info dan tips nih untuk yang mengalami nasib seperti saya, home button-nya rusak dan harus di servis.
FYI :
- Home button itu paling rentan bagi iPhone dan iPod, cara untuk mencegahnya, Go to setting > accessibility > turn on assistive touch. Emang agak risih liatnya, tapi assistive touch ini bisa mengurangi penggunaan Home button kita jadi bisa bikin Home button-nya agak sedikit lebih awet lah. Cara kerja assistive touch juga sama ko dengan Home button.
- Seperti yang udah saya ketik diawal, kalo mau jailbreak, tunggu sampe masa garansinya habis dulu, kecuali, kalo kamu yakin kamu gak butuh garansi, yauda silahkan kapan aja boleh jailbreak, haha.
- Khusus iPhone dan iPod touch, kalo rusak, kalo kamu bawa ke AASP (Apple Authorized Service Provider) engga bakal bisa diservis, pilihannya cuman satu, exchange. Apa itu exchange? Pihak Apple nawarin untuk tukar tambah dengan unit yang baru yang (biasanya) dibayar (hampir) setengah harga dari harga asli. Misalnya, kayak punya gue kan iPod touch 4th gen harganya sekitar 2,2 yah, nah Apple nawarin tuker tambah dengan yang baru seharga 1,3 tapi musti DP dulu min. 650k /jedaaaarrr~
- Tapi, exchange itu gak akan terjadi kalo kamu masih punya garansi Apple yang 1 year warranty itu. Jadi kalo iPhone/iPod kamu rusak dan masih punya garansi, Apple akan menggantinya dengan unit yang baru (istilahnya device kamu di-CLAIMED) dan penggantian unit baru ini GRATIS. Yeaaay~ kedengarannya asik kan? Iya, asik, tapi musti tunggu 1-2 bulan dulu baru bisa dapet barangnya -_- bahkan, temen gue ada yang ampe 3 bulan, kalo dia iPhone 4 dengan kasus karna jatoh, tapi jangan ngaku kalo itu mati gara2 jatoh, entar gak diterima -_-
- Kalo saran gue, kalo ada apa-apa sih mending langsung ke AASP langsung, entah kenapa gue kurang percaya sama tukang servis yang gak official gitu. Dari dulu sih, dari sejak hape gue Nokia, gue selalu servis ditempat officialnya. Kalo di wilayah gue sendiri, untuk AASP yang terdekat itu di Menteng Central. Coba cek aja di iBox, lengkap disitu infonya.
- Coba sekali-sekali iseng baca guide book yang ada di box device kamu. Berguna banget soalnya.
Kayaknya sih udah, segitu aja. Dijaga yah device-nya, hahaha. Good luck!

*source : pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment