Contact Me

Tuesday 18 March 2014

How I Love Editing So Much (Part 2)

Yak, baru sekarang bisa ngelanjutin judul yang edit-mengedit. Sebenernya pingin pake English biar bisa dibaca sama yang laen, tapi susah lah nyari kata-katanya, jadi bahasa Indonesia ajah, walopun gak digunakan dengan baik dan benar disini. Hahaha.


Kali ini gue bakal cerita tentang Adobe Illustrator, kebetulan baru banget belajar dan lagi iseng-iseng latihan lagi. Udah lama gak bikin desain buat banner atau poster gitu-gitu soalnya udah gak ikutan organisasi lagi, jadi gak ada yang nyuruh, jadinya kangen ngedesain deh :(
Adobe Illustrator (Ai) ini, kurang lebih gunanya sama kayak CorelDraw, buat ngedesain pake vector buatan sendiri. Mengenai enakan make yang mana itu relatif, kalo gue pribadi emang gak bisa pake CorelDraw dan gak ada minatan buat belajar tentang itu, jadi yaa gue prefer Adobe Illustrator ini.
Berawal dari junior gue di kampus, dia suka ngedesain pake CorelDraw. Gue tanya alasannya kenapa, dia bilang soalnya enak bisa bikin bentuk sendiri, kalo Photoshop kan cuman potong-tempel doang. Dari situ deh gue mikir, bener juga yang dia bilang, dan gue liat desain-desain gue emang gak pure original sih, kebanyakan hasil kotak-katik gambar dari google yang agak diedit sedikit terus digabungin sama yang lain. Sistem ngedesain gue kayak yang gue post di postingan tentang Photoshop waktu itu deh pokonya. Terus ya gue mikir kan, itu kan karya orang, masa gue pake seenaknya, makanya sebisa mungkin dalam ngedesain gue usahain gambar yang gue ambil harus gue edit sedemikian rupa biar gak plagiat banget, tapi susah juga sih -,-
Terus, gue baca buku Kreatif Sampai Mati kan ya, disitu emang oom Wadit secara gak langsung bilang awal untuk belajar ngedesain adalah rekam dan ikuti, baru kasih improvisasi hingga kemudian bisa bikin sendiri. Semenjak itu deh gue coba-coba bikin shape sendiri, atau lebih prefer download brush aja yang bentuknya unik-unik, soalnya tangan gue gak bisa gambar digital gitu, gambar manual aja masih acakadul, hahaha. Waktu itu bikin shapenya masih pake Photoshop.

Poster aslinya
Posternya setelah di-remake (masih pake Photoshop)

Emang gak enak sih kalo karya kita dipake orang tanpa izin. Gue ngalamin itu sendiri, rasanya antara seneng dan bete, tapi ya mau gimana lagi. Pelik sih masalah ini, diunggah diambil, gak diunggah ya gak ke publish, ngapain karya dibuat kalo engga ditunjukkin ke khalayak ramai? Jadi ya ini udah resiko lah, harus pinter-pinter ngadepinnya.
Balik lagi ke topik, entah kenapa waktu itu gue pengen banget nginstall Ai sama Ae ke leptop dan akhirnya pun dua software editing itu ke-install di leptop gue. Mulai lah searching tutorial Ai dulu, gue dapet website tutorial Ai yang menurut gue cocok banget buat para pemula kayak gue. Ini link-nya vectordiary.com. Di web tersebut bakal nemuin artikel "Learn Adobe Illustrator in 30 Days", sesuai judulnya, ada 30 langkah belajar Ai, jadi 1 page/day. Tapi dalam semalem gue ngabisin 12 langkah sambil praktek langsung, daaannn... lumayan berhasil. Hahaha. Ada beberapa langkah yang gak gue bisa jadi gue bete terus gue skip. Hahaha.
Seperti yang gue bilang sebelumnya, Ai ini kayak Corel, bisa bikin vector sendiri. Caranya juga gak susah-susah banget. Buat yang udah biasa sama Ps pasti ngerasa familiar sama Ai karena fungsi beberapa Tools emang sama. Di Ai ini emang enak banget buat bikin shape apa aja yang hasilnya ini berupa vector. Dengan belajar Ai gue jadi bisa ngegunain fungsi pen dengan baik, hahaha. Terus juga walopun tangan gue gak bisa perfect buat ngegambar sesuatu buat digital, Ai ini punya Tools yang bisa bikin smooth goresan kita, kamu musti coba sendiri tutorial dari website yang udah gue kasih, dijamin bakal ngerti ama yang gue ceritain ini, haha.
Ai ini bisa digabungin sama Ps, gue sendiri sekarang ini kalo ngedesain selalu pake Ps dan Ai, karena ada beberapa hal yang bikin gue masih nyaman kalo bikinnya di Photoshop. Kayak misalnya ngatur background, atau komposisi letak atau ukuran, itu gue lebih nyaman pake Ps. Sedangkan Ai gue gunain untuk bikin shape-shape tertentu. Caranya gampang, kalo kita udah ngerasa shape yang dibuat di Ai udah oke, tinggal drag aja shape itu ke kanvas Ps yang lagi kita kerjain. Entar itu formatnya berupa vector gitu di Ps, kayak smart object gitu deh, gak bisa diapa-apain lagi kecuali kita Rasterize Layer object-nya. Makanya harus yakin dulu yang di Ai udah fix oke baru di drag ke Ps deh.
Udah beberapa kali nyoba desain pake gabungan Ai dan Ps ini. Dan ternyata emang lebih asik plus efisien kalo bikin vector sendiri. Gak perlu lagi ngotak-ngatik internet buat nyari gambar, gak perlu lagi ngerasa 'ngambil' karya orang laen dengan seenaknya, lebih ngerasa original banget deh. CUMAN, gue pribadi amat sangat engga bisa gambar, jadi, gue sangat menghindari pake gambar atau bentuk-bentuk rumit. Buat yang punya masalah sama kayak gue, gak usah khawatir, kita bisa menonjolkan desain kita dengan memaksimalkan shape yang ada DAN kita bisa maenan TYPOGRAPHY. Dalam penggunaan typography ini gue terinspirasi dari junior gue lagi, tapi beda orang. Kita sama-sama dapet tugas ngedesain bulletin organisasi kita, cuman beda generasi, gue udah mantan pekerja itu, tapi gue masih suka ngecek gitu, dan dia juga suka nanya pendapat gue mengenai desainnya dia itu. Sebenernya secara garis besar desain dia tuh simpel banget, tapi ada satu hal yang bikin desainnya jadi oke banget, typography. Yak, itu anak emang pinter banget dalam memilih font, ngatur warna tulisan, ukuran, letak, aduh pokonya kece deh. Makanya sekarang gue nyoba buat lebih condong ke desain simpel yang nonjolin typography dan shape dari object yang gue buat sendiri di Ai.

Bener-bener masih belajar sih gue. Dan selama latihan ini, karna udah gak ada yang minta dibikinin desain, jadi biasanya gue nyoba nge-remake desain orang. Entah dari facebook, atau web apa gitu, yang kira-kira desainnya masih bisa dibuat jadi lebih baik dan bagus lagi. Untuk publishingnya ya gue kasih tau ke pihak mereka, ini loh gue coba bikin alternatif poster/banner untuk acara kalian (tapi pake bahasa yang sopan yah). Cukup lewat personal aja, gak usah dipublish ke ruang yang terlalu terbuka, biar gak terkesan gimana gitu, soalnya kan takut mereka malah tersinggung atau gimana, jadi lewat private message aja gitu, misalnya.
Udah sih cuman gitu aja. Karna gue juga masih belajar, masih amatir, jadi gue gak ngasih tutorial. Ikutin aja tutorial dari web yang udah gue kasih. Intinya mah latihan terus, explore terus, gapapa salah asal jangan diulang-ulang aja kesalahannya, hahaha. Tingkatin deh softskill nya, dijaman yang creativepreneur makin marak gini pasti kepake deh ilmunya, gak bakal nyesel.
Poster J-Kei setelah di-remake (pake Ai dan Ps)

Ini beberapa hasil desain gue pake Ai plus Ps.
Official poster acara J-Kei Indonesia, nemu di facebook
















Official Poster FFP PTv
Poster FFP PTv setelah di-remake
Ikutan bikin poster #melawanasap #SaveRiau
Well, udah segitu aja. Selamat mencoba, selamat belajar :)
See you on another post, fellas! :D

No comments:

Post a Comment